(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

BULELENG RAIH PENGHARGAAN KINERJA TERBAIK PENGIMPUTAN SP2KP DARI KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA

Admin disdagperinkopukm | 05 Agustus 2024 | 4676 kali

BULELENG - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng berhasil memperoleh penghargaan "Kinerja Terbaik Pengimputan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Tahun 2023 untuk Wilayah Bali Nusra" dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung di Kabupaten Buleleng oleh Kepala Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng pada hari, Senin (5/8/2024). 

Kabupaten Buleleng menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Bali dan salah satu dari 3 (Tiga) Kabupaten/Kota di Regional Bali Nusra yang menerima penghargaan ini antara lain Kota Bima dan Kabupaten Sikka. Kemendagri dan Kemendag mengapresiasi bahwa SP2KP ini merupakan aplikasi yang digunakan sebagai perolehan data inflasi karena sudah mencakup Kabupaten/ Kota se-Indonesia, dimana sekitar 503 Kab/Kota yang telah tergabung dari total 514 Kab/Kota yang ada di Indonesia. Apresiasi dan penghargaan diberikan Kementrian Perdagangan kepada dinas yang membidangi perdagangan Provinsi/Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tugas pemantauan harga barang kebutuhan pokok. 

Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh Kementerian Perdagangan untuk mengumpulkan dan melaporkan Data Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) secara harian. 

Pemantauan pasar dan kebutuhan pokok menjadi sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi suatu negara. Salah satu dampak yang erat terkait dengan monitoring ini adalah inflasi, karena erat kaitannya dengan daya beli masyarakat. Pemanfaatan data ini sebagai early warning komoditi yang harganya bergejolak, pemetaan wilayah sasaran kebijakan sehingga didapati basis data yang akurat dan dapat digunakan dalam rangka menunjang efektivitas kebijakan yang diterapkan.

Menurut Kepala Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta, laporan dari SP2KP merupakan data harga dan stok/pasokan Bapokting yang berkelanjutan dan menyeluruh secara nasional menjadi basis data yang akurat guna pengukuran Indeks Perkembangan Harga (IPH) dalam rangka menunjang efektivitas kebijakan yang diterapkan guna mendukung pengendalian inflasi baik di daerah maupun nasional. "Informasi SP2KP ini yang merupakan salah satu instrument pengendalian Inflasi daerah dimana Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng bersama TPID Kabupaten Buleleng dan OPD terkait lainnya melakukan kegiatan Operasi Pasar Murah dan Sidak Pasar serta Distributor guna memastikan kelancaran pasokan Bapokting" ujarnya. 

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dibawah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buleleng dengan Pemerintah Provinsi Bali serta Pusat untuk memastikan segala upaya pengendalian inflasi mulai dari pemantauan harga dan stok Bapokting serta pengumpulan data melalui SP2KP. Selanjutnya intervensi lanjutan berdasarkan hasil analisa datanya dapat berjalan optimal dan berhasil mengendalikan inflasi di daerah maupun nasional yang pada akhirnya membantu masyarakat mendapatkan Bapokting dengan mudah dan harga terjangkau.

Dewa Made Sudiarta menambahkan bahwa prestasi tersebut juga tak luput dari peran Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.A.A., dan kerja keras seluruh jajaran Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng serta OPD terkait lainnya dalam stabilisasi harga dan penurunan inflasi daerah. "Penghargaan SP2KP ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran dibawah Bidang Perdagangan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat" jelasnya. 

#PemkabBuleleng

#BulelengBerbangga

#dagperinkopukm

#KerjaSekarangBersamaMajuJaya

#SalamMantap

#Buleleng

#BulelengBali