(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Pelatihan Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran Inovatif bagi UMKM di Buleleng

Admin disdagperinkopukm | 17 September 2025 | 200 kali

Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usah Kecil dan Menengah (DagperinkopUKM) Kabupaten Buleleng, melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro dan UPTD PLUT KUMKM Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan Pelatihan Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran Inovatif bagi UMKM di Buleleng. Pelatihan dilaksanakan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Buleleng, Rabu (17/9). 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Dagperinkopukm Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta dan diikuti oleh 25 orang umkm yang tersebar di Kabupaten Buleleng. 

Pada saambutannya, Kadis Dewa Sudiarta menyampaikan bahwa Transformasi digital dalam pemasaran adalah adaptasi strategis menggunakan teknologi untuk meningkatkan jangkauan, interaksi, dan pengalaman pelanggan melalui kanal digital, sementara strategi pemasaran inovatif adalah penerapan ide-ide baru dalam pemasaran digital untuk membangun daya saing dan efisiensi, contohnya seperti personalisasi, konten berbasis data, dan pemanfaatan influencer. 

"Keduanya saling terkait, di mana transformasi digital menjadi landasan bagi inovasi pemasaran, memungkinkan pelaku usaha untuk terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan menjaga keunggulan kompetitif produk di era digital". Ujarnya. 

Narasumber pertama pada pelatihan ini yaitu Alit Hermawan Arya Putra yang merupakan Konten Kreator dan Praktisi Wirausaha Kuliner asal Buleleng. Beliau memberikan materi terkait Digital Marketing bagi pelaku Usaha. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital dan internet untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens target. Digital marketing memanfaatkan berbagai platform online seperti situs web, media sosial, email, mesin pencari, dan iklan digital untuk mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Selanjutnya, narasumber kedua yaitu I Wayan Suryagama sebagai Entrepreneur trainer, Pendamping UMKM dan founder dari INFOUMKMID. Materi yang di berikan yaitu Memahami Funnel Marketing, Menentukan Target Market Menyusun Custumer Value Map serta materi tentang Brand Positioning & AI untuk Pemasaran Produk. Beliau menyampaikan bahwa Marketing funnel adalah representasi visual dari perjalanan calon pelanggan dari tidak mengenal sebuah merek hingga menjadi pelanggan loyal.  "Untuk memahami marketing funnel harus menentukan target audiens dengan riset perilaku dan kebutuhan pembeli, kemudian buat Customer Value Map (CVM) untuk memvisualisasikan nilai yang diberikan bisnis pada setiap tahapan perjalanan pelanggan dalam funnel dari kesadaran (awareness) hingga loyalitas" Ujarnya. 

Dari paparan meteri yang diberikan para pelaku umkm terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ilmu serta wawasan baru terkait Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran sangat dibutuhkan oleh umkm di era digitalisasi ini. Diharapkan dari pelatihan ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar melalui digitalisasi. 

#PemkabBuleleng

#BulelengPaten

#KerjaMantap

#KerjaCerdasIklhasTuntas

#DagperinkopUkm

#KitaHebatHebatHebatLuarBiasa

#BulelengBali