(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

UNTUK MENYAMBUT HUT KOTA SINGARAJA , BUPATI BULELENG RESMIKAN PASAR BANYUASRI.

Admin disdagperinkopukm | 30 Maret 2021 | 627 kali

Selasa(30/03) – Pemerintah kabupaten buleleng akhirnya resmikan Pasar Banyuasri setelah dimulai pembangunannya pada November 2019. Kini para pedagang tradisional kini dapat memanfaatkan bangunan yang megah ini untuk memanfaatkan perekonomian disaat berkembang pesatnya perkembangan pasar modern,Peresmian tersebut di hadiri oleh Gubernur Bali Wayan Koster , Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Sekda Buleleng , Kepala Bank BPD Bali, Kepala Dinas DagperinkopUKM Kab.Buleleng berserta undangan lainnya yang dilaksanakan pada 30 Maret 2021 di Pasar Banyuasri, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ( HUT) Kota Singaraja yang Ke-417 Tahun. 

Bupati Agus Suradnyana menyebutkan, megaproyek revitalisasi Pasar Banyuasei menghabiskan anggaran Rp 159,5 miliar dengan sistem multiyears. Revitalisasi pasar ini melalui proses yang sangat panjang. Bupati Agus Suradnyana awalnya berangan lakukan revitalisasi Pasar Banyuasri, untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan juga menyiapkan pasar sebagai tourism market.

 

Karena itu, rancangan bangun pasar berlantai tiga itu di-skema-kan menjadi pasar semi modern. Sejumlah teknologi modern pun melengkapi Pasar Banyuasri, yang bangunannya memiliki luas 6.349,5 meter persegi. Teknologi modern tersebut, antara lain, berupa lift, eskalator, sirkulasi udara, dan sanitasi, sehingga Pasar Banyuasri seperti layaknya pasar modern.

 

Proses awal pembangunan Pasar Banyuasri dimulai pertengahan tahun 2019 lalu. PT Tunas Jaya Sanur memenangkan lelang proyek dengan pagu anggaran Rp 180 miliar, lewat penawaran Rp 159,5 miliar. Sumber anggaran pembangunan pasar terbesar di Buleleng ini bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali, Bantuan Keuangan Khusus (BKK) PHR Kabupaten Badung, dan APBD Buleleng.

 

Penandatanganan kontrak kerja yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buleleng dengan PT Tunas Jaya Sanur dilakukan pada November 2019. PT Tunas Jaya Sanur selaku penyedia diberikan waktu selama 400 hari untuk menyelesaikan proyek revitalisasi Pasar Banyuasri, yang ditarget selesai akhir tahun 2020.

Agus Suradnyana juga  berharap peresmian Pasar Banyuasri yang dipilih bertepatan dengan peringatan HUT ke-417 Kota Singaraja ini dapat memberikan vibrasi semangat untuk kebangkitan daerah dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, yang sudah berlangsung selama setahun penuh.