(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Rapat Optimalisasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Admin disdagperinkopukm | 04 April 2024 | 74 kali

Kepala Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si menghadiri rapat Optimalisasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Buleleng pada hari Kamis, 4 April 2024.

Hadir dalam kesempatan ini Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., didampingi Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi serta turut hadir Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Buleleng, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Inspektorat Daerah, dan beberapa pimpinan perangkat daerah. PJ. Bupati Buleleng menginginkan agar Pemkab Buleleng memiliki satu kesatuan data masyarakat baik itu yang menjadi kepesertaan BPJS kesehatan mandiri, PBI, dan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap efisiensi anggaran pendapatan dan blanja daerah (APBD). Sebelumnya Pemkab Buleleng sudah mampu menghemat APBD sekitar 70 miliar untuk pembiayaan JKN PBI dari total 120 miliar. Ketut Lihadnyana menginstruksikan agar perangkat daerah terkait untuk mendata banyaknya peserta yang sudah terdaftar BPJS Tenaga Kerja atau Kesehatan. Kemudian data tersebut akan diverifikasi dan validasi kembali kepatutannya. 

Rencana satu data terpadu ini didukung oleh Polres Buleleng. Nantinya Polres Buleleng akan mengerahkan personel dalam atensi proses verifikasi dan validasi ke desa-desa. Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Buleleng mengatakan jika banyak oknum perusahaan yang masih "curang" dalam memberikan hak kepesertaan BPJS kepada pegawainya. Pihaknya menyarankan agar pemerintah daerah memberikan atensi berupa penerapan sanksi sehingga perusahaan juga ikut berperan tidak hanya menyukseskan program perlindungan sosial juga membantu pemerintah daerah dalam hal efisiensi anggaran.

#PemkabBuleleng

#BulelengBerbangga

#dagperinkopukm

#KerjaSekarangBersamaMajuJaya

#SalamMantap

#Buleleng

#BulelengBali