(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Entry Meeting BPK RI Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2023

Admin disdagperinkopukm | 25 Maret 2024 | 64 kali

Sekretaris Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng Ariston Adhi Pamungkas, S.P, MEnvMan menghadiri Entry Meeting BPK RI Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2023 yang bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Buleleng pada hari Senin, 25 Maret 2024. 

Hadir dalam kesempatan ini Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., didampingi Sekda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd., para Kepala/perwakilan OPD se-Pemkab Buleleng, dan Tim Audit BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Pada sambutannya, Pj. Bupati Buleleng menyampaikan apresiasi dan selamat datang kepada Tim Audit BPK RI. Audit bukan hanya kegiatan rutin, namun merupakan upaya Pemkab Buleleng dalam melaksanakan penatausahaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Pemkab berkomitmen untuk memberikan akses kepada Tim Audit sebagai momentum tata kelola yang lebih baik. 

Dalam kesempatan berikutnya, Pengendali Teknis BPK RI I Gede Agus Ambarana menyampaikan beberapa hal :

1. Apresiasi terhadap LKPD Unaudited yang sudah disampaikan kepada BPK.

2. Audit rinci akan berlangsung selama 30 hari, 25 Maret 2024 hingga 3 Mei 2024, dengan jeda 10 hari.

3. Tujuan pemeriksaan : kesesuaian terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas SPI.

4. Lingkup pemeriksaan adalah : LRA, Laporan Perubahan SAL, neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Arus Kas (LAK), LPE ekuitas, dan CALK.

5. Ada rekomendasi yang belum dapat ditindaklanjuti. Diharapkan informasi yang disediakan benar-benar menggambarkan keadaan sesungguhnya, sehingga rekomendasi yang di rumuskan juga dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah.

6. LPP atau draft temuan agar juga turut di cermati kembali oleh pimpinan OPD, apakah temuannya sudah sesuai fakta, apakah angka-angka yang ditampilkan juga sudah sesuai, sehingga tidak bias.

Beberapa perhatian pemeriksaan rinci yang disampaikan oleh ketua tim audit Yonas pancasila sakti, diantaranya : Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), tindak lanjut aset tetap, pengelolaan anggaran dan belanja, agar permintaan data di jawab dengan gamblang agar rekomendasi sesuai data, konsep LPP akan disampaikan kepada auditee sehingga temuan agat benar-benar disepakati dan sanggup ditidaklanjuti. 

#PemkabBuleleng

#BulelengBerbangga

#dagperinkopukm

#KerjaSekarangBersamaMajuJaya

#SalamMantap

#BulelengBali

Berita Terpopuler