(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Zoom Meeting Terkait Gerakan Pangan Murah (GPM) langsung dari kawasan Pasar Anyar Singaraja

Admin disdagperinkopukm | 01 April 2024 | 82 kali

Kepala Dinas DagperinkopUKM Kabupaten Buleleng Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si mengikuti zoom meeting terkait Gerakan Pangan Murah (GPM) langsung dari kawasan Pasar Anyar Singaraja pada hari Senin, 1 April 2024. 

Hadir pada kegiatan tersebut Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A. bersama Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, S.H., Sekda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd., Dandim 1609/Buleleng, Kapolres Buleleng, Kepala Badan Pusat Statistik Buleleng serta undangan lainnya. Dari laporan yang disampaikan Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman, produksi beras nasional mengalami pergeseran masa panen. Hal ini karena fenomena alam El Nino. Selain itu produksi pupuk juga menurun drastis. Solusinya adalah melakukan pompa air dari sungai, sehingga panen bisa dilakukan lebih cepat. 

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan menekankan dalam menangani kenaikan harga bahan pokok kuncinya adalah kolaborasi. Harga-harga bahan pokok di sebagian besar daerah sudah berangsur turun. Karena produksi sudah memadai dan harga pakan hewan juga sudah turun. Kendati demikian pihaknya mengajak pemerintah daerah tetap waspada meski setelah lebaran. Tidak hanya harga tinggi, harga bahan pokok yang turun juga harus diperhatikan karena dapat menimbulkan kerugian bagi petani/peternak. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok karena hari raya Idulfitri 1445 Hijriah, Pemerintah Pusat melakukan intervensi pasar melalui Gerakan Pangan Murah guna membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau, di bawah harga pasar serta menjaga ketersediaan bahan pangan jelang hari raya. 

#PemkabBuleleng

#BulelengBerbangga

#dagperinkopukm

#plutbuleleng

#KerjaSekarangBersamaMajuJaya

#SalamMantap

#Buleleng

#BulelengBali