(0362) 32143
disdagperinkopukm@bulelengkab.go.id
Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Menkop Teten: Jangan Ada Produk Impor Dalam Belanja Pemerintah

Admin disdagperinkopukm | 14 April 2022 | 283 kali

Jakarta, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, produk dalam negeri sangat berkualitas. Oleh sebab itu dia meminta agar jangan ada lagi pembelian produk impor dalam belanja pemerintah.


"Produk dalam negeri kita itu sangat berkualitas, jangan lagi ada pembelian produk impor dalam belanja pemerintah untuk produk-produk yang dapat dihasilkan di dalam negeri," ujar Teten dalam jumpa pers virtual Showcase & Business Mathing Belanja Produk Dalam Negeri Alat Kesehatan, Wellness & Produk K3, Senin (11/4/2022).


Teten mengaku, dirinya sudah berkomunikasi dengan pemain importir agar tidak lagi memproduksi produk-produk yang bisa diolah oleh Indonesia sendiri.


"Saya katakan ke teman-teman importir kalau produksi produk-produk yang bisa diolah oleh UMKM kita tunda impornya dan nantinya kita mengajak UMKM bermitra untuk memproduksinya," kata Teten.


Apalagi kata Teten, saat ini, potensi pembelian produk dalam negeri sangat besar yang dimana nilai belanja pemerintah sebesar Rp1.481 triliun dan belanja BUMN sebesar Rp 420 triliun.


"Ini juga sesuai arahan bapak Presiden agar seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda) wajib meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan porsi UMKM dan koperasi dan mempercepat penyerapan APBN dan APBD melakui belanja barang/jasa pemerintah," pungkasnya.