DISDAGPERINKOPUKM LAKUKAN PEMBINAAN PENGEMBANGAN APLIKASI MARKET PLACE GUNA MENDORONG DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM LOKAL.

  • Admin Disdagperinkopukm
  • 04 Pebruari 2021

Kamis(04/02)- Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagperinkopUKM) mengadakan Rapat Digitalisasi Market Place bersama PT. Dimata Sora Jayate  dan PT. Bali Unggul Sejahtera,tentang Pembinaan Pengembangan Aplikasi marketplace E-semeton  bertujuan untuk melaksanakan upaya pemerintah dalam mendorong digitalisasi pemasaran produk-produk UMKM lokal.yang dihadiri oleh para Pelaku UMKM di buleleng , dilaksanakan  di Ruang Rapat Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagperinkopUKM) pada Kamis, 04 Februari 2021 pagi. 

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagperinkopUKM), Dewa Sudiartha menjelaskan, Tahun 2021 disebut tahun UMKM, Dukungan pemerintah dalam mendukung UMKM adalah mewajibkan instansi-instansi pemerintah menggunakan 40% produk UMKM dalam pelaksanaan pengadaan melalui prodram Bela Pengadaan dengan Aplikasi E-Semeton, dapat membantu memasarkan produk-produk UMKM lokal sehingga memberikan manfaat lebih untuk bisa meningkatkan penjualan ke lingkup yang lebih luas.

Lanjut, Direktur PT Dimata Sora Jayate I Ketut Kartika Tanjana juga menjelaskan, Aplikasi Marketplace E-semeton akan di launching pada bulan Maret 2021. Mengingat produk-produk UMKM Buleleng sangat luar biasa, maka diperlukan target Ekosistem digital,dan dalam Dalam menjalankan program marketpalce  E-semeton, maka diperlukan  kolaborasi dari segi logistic dan distribusi dengan tujuan bisa saling mensejahterakan antar pelaku UMKM, yang dimana Pelaku UMKM yang berminat berjualan di aplikasi E-semeton akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000 (Sudah termasuk biaya ongkos kirim gratis 20x setahun).

Tidak hanya itu Direktur PT Dimata Sora Jayate I Ketut Kartika Tanjana berharap “Dengan adanya aplikasi marketplace e-semeton dengan dampingan dari pemerintah, maka akan memberikan manfaat lebih untuk produk-produk UMKM lokal menjangkau pasar yang lebih luas melalui digitalisasi pemasaran,Diperlukan Solidaritas dan spirit untuk saling membantu dalam memanfaatkan akses-akses pemasaran, supaya tidak berhenti di tengah jalan” ucapnya .

Share Post :